Tuesday, February 28, 2017

Penyakit “BERBAHAYA” Jika Makan Sambil Berdiri

       
     
               Makan merupakan suatu kebutuhan mahluk hidup sebagai sumber tenaga untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Dengan makan, maka membuat tubuh menjadi ber energi serta membuat tubuh menjadi sehat. Namun jika kita makan dengan pola yang salah, maka bukan menjadikan kita sehat tapi melainkan menimbulkan penyakit untuk tubuh kita. Tahukah anda jika makan sambil berdiri bisa menyebabkan penyakit yang serius loh. Ini dia penyakit yang di timbulkan jika makan sambil berdiri..



1.   Penyakit Ginjal




Akan lebih baik jika makan sambil duduk karena proses pencernaan akan lancar. Namun sebaliknya jika makan sambil berdiri maka proses pencernaan makanan akan terganggu akibat penggilingan makanan yang tidak sesuai. Hal ini membuat kerja jantung akan bekerja lebih keras di karenakan untuk mengolah air dalam proses penghancuran makanan tersebut. Jika ini dibiarkan maka bisa terjadi iritasi pada ginjal dan membuat jantung mengalami kelelahan sehingga bisa menimbulkan bahaya seperti kerusakan organ ginjal.




2.    Kanker Esofagus



Proses pencernaan makanan akan berbeda jika kita makan dengan posisi duduk dan berdiri. Dan ketika kita makan dengan posisi berdiri ternyata itu bisa menimbulkan penyakit kanker loh. Penyakit kanker ini terjadi apabila kita makan dengan posisi berdiri maka makanan yang masuk akan membuat infeksi serta iritasi pada kerongkongan. Hal ini jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan menimbulkan kondisi dimana munculnya sel yang tidak normal sehingga memicu aktifnya sel kanker pada saluran esofagus.




3.    Penyakit Maag



Faktor yang menyebabkan anda terkena maag ternyata bukan hanya waktu makan yang telat saja, melainkan makan sambil berdiri bisa membuat maag anda kambuh juga loh. Ini terjadi karena ketika makan sambil berdiri maka makanan tidak melewati proses penggilingan secara sempurna sehingga makanan tersebut belum sepenuhnya hancur, lalu makanan itu masuk ke lambung. Makanan yang masuk ke lambung jika makanan tersebut belum sepenuhnya hancur maka akan membuat lambung menjadi luka dan bisa memicu terjadinya maag.




4.    Mual dan Muntah



Lambung pada seseorang itu sifatnya berbeda-beda. Ada yang sensitif terhadap makanan dan ada juga yang sifatnya bisa menerima semua jenis makanan yang masuk. Bahayanya jika anda memiliki lambung yang sensitif maka ketika anda makan makanan yang pedas, berminyak dan asam maka asam lambung anda akan naik. Ini jika dibiarka maka bisa membuat anda merasa mual bahkan hingga muntah-muntah.



No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...