Friday, January 27, 2017

RAHASIA TIDUR MENGHADAP KANAN

RAHASIA TIDUR MENGHADAP KANAN

rahasia tidur menghadap kanan


            Tidur merupakan salah satu kegiatan untuk mengistirahatkan anggota tubuh. Dengan tidur, maka anggota tubuh yang seharian lelah karena beraktifitas akan kembali segar di esok harinya. Namun untuk mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik maka tidak hanya sekedar tidur saja. Anda juga harus memperhatikan faktor yang membuat tidur anda itu baik. Salah satunya adalah posisi tidur. Posisi tidur merupakan salah satu faktor terpenting untuk menentukan kualitas tidur anda. Karena salah dalam posisi tidur maka akan berpengaruh ke tubuh kita.
            
            Lalu posisi tidur yang bagaimana yang bisa membuat kualitas tidur kita itu baik? Jawabannya adalaahhhh tidur menghadap kanan. Tidur menghadap kanan terbukti banyak sekali manfaatnya bahkan rosulullah pun bersabda “ Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu “ ( HR Al-Bukhari ). Lalu apa saja sih rahasia kesehatan tidur menghadap kanan tersebut? Nih saya akan kasih rahasianyaaa… Selamat membaca.



        1. Menjaga Kesehatan Paru-paru

             
menjaga kesehatan paru-paru
           
            Paru-paru manusia itu terletak di sebelah kiri dan kanan. Ukuran paru-paru yang sebelah kiri itu lebih kecil di bandingkan paru-paru bagian kanan. Jika kita tidur menghadap kiri itu sangat bahaya karena paru-paru bagian kiri akan tertekan jantung yang jika lama kelamaan akan membuat paru-paru tersebut susah untuk mengambil oksigen dan akibatnya kita akan sesak napas. Baiknya tidur menghadap kanan karena tidak masalah paru-paru bagian kanan tertekan jantung karena ukuran paru-paru kanan lebih besar ukurannya.



        2. Merangsang Buang Air Besar  ( BAB )

            
merangsang buang air besar

             Bagi anda yang susah buang air besar, bisa mengikui cara ini dengan tidur menghadap kanan. Mengapa harus tidur menghadap kanan ? karena dengan tidur menghadap kanan maka proses pengisian usus besar akan lebih cepat penuh. Dan jika sudah penuh, maka akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah untuk buang air besar di pagi harinya.



3. Menjaga Kesehatan Jantung

                
menjaga kesehatan jantung
               
             Dengan tidur menghadap kanan membuat organ jantung tidak tertimpa organ lain. Ini baik untuk kesehatan jantung. Kalian perlu tahu bahwa letak jantung pada tubuh manusia itu lebih condong berada di sebelah kiri. Jadi kalau kita tidur menghadap kiri itu membuat jantung kita terhimpit organ lainnya. Jadi baiknya tidur menghadap kanan karena aliran darah yang masuk dan keluar dari jantung akan lebih rendah sehingga menurunkan tensi darah dan juga memperlambat denyut jantung, yang berguna agar kita bisa tidur lebih nyenyak.



        4.  Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

             
mengistirahatkan otak sebalah kiri

Otak manusia itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu kanan dan kiri. Otak kiri berfungsi untuk menggerakan tubuh bagian kanan, dan sebaliknya otak kanan berfungsi menggerakan tubuh bagian kiri. Dan umumnya kita lebih dominan menggunakan tubuh bagian kanan untuk beraktifitas. Jadi, dengan kita tidur menghadap kanan kita akan membuat otak kiri istirahat dan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi darah yang melambat saat tidur atau diam.



5. Menjaga Kesehatan Lambung

                
menjaga kesehatan lambung


 Lambung manusia berbentuk seperti tabung koma dengan pengeluarannya menghadap ke kanan bagian bawah. Jika seorang tidur menghadap ke kiri maka proses pengeluaran makanan akan terganggu, ini mengakibatkan lambatnya pengosongan lambung. Jadi posisi tidur yang baik untuk lambung yaitu menghadap ke kanan agar proses pengeluaran makanan tersebut lancer dan membuat lambung menjadi sehat.

2 comments:

  1. Tidur menghadap ke arah kanan memang banyak manfaatnya, tapi yang susah memang menjaga agar tidurnya nggak bergerak kemana-mana :D

    ReplyDelete
  2. Iya bener tuh, pasti aja muter muter :D

    ReplyDelete

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...