Sunday, February 19, 2017

3 HAL MENGERIKAN JIKA MENAHAN BERSIN



3 HAL MENGERIKAN JIKA MENAHAN BERSIN

menahan bersin


Semua orang tentu pernah merasakan yang namanya bersin. Bersin itu sendiri adalah mengeluarkan tekanan udara dari dalam paru-paru melalui hidung dan mulut. Jika anda bersin maka anda secara otomatis akan mengeluarkan bakteri atau kuman-kuman dari dalam tubuh. Maka sangat di sarankan ketika anda bersin, maka tutup lah mulut anda dengan tangan, kain atau pun tisu agar bakteri tersebut tidak menyebar ke orang lain.

Bersin bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Namun jika kita bersin di tempat terbuka dan banyak orang maka kita sebisa mungkin untuk menahannya dikarenakan inign menjaga sikap agar tidak mengganggu orang lain. Tapi awas, menahan bersin bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh anda. Mau tau bahaya apa saja jika kita menahan bersin, ini dia ulasan selengkapnya..




1.  Menyebabkan Kebutaan



Hal yang sepele jika kita melakukannya terus menerus maka efek yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya. Anda percaya atau tidak jika menahan bersin dapat membuat kebutaan. Ini bisa terjadi karena ketika kita menahan bersin maka retina mata akan rusak dan menyebabkan kerusakan syaraf mata sehingga bisa membuat mata menjadi buta. Selain itu jika menahan bersin maka membuat jaringan mata dan otak akan terputus.




2.  Pecahnya Gendang Telinga



Di bagian kepala memang banyak saluran yang saling berhubungan. Salah satunya adalah saluran antara hidung dan telinga. Dua saluran yang berhubungan ini sama-sama memiliki fungsi yaitu sebagai tempat keluarnya bakteri dan kotoran. Jadi jika salah satu dari saluran ini mengalami gangguan maka akan menimbulkan efek ke saluran satunya. Contohnya adalah jika kita menahan bersin maka akan berpengaruh ke telinga bahkan bisa  membuat gendang telinga pecah. Ini bisa terjadi karena jika kita menahan bersin maka tekanan udara yang tertahan bisa saja keluar melalui telinga, dan jika terjadi maka gendang telinga tidak bisa menahan kekuatan dan kecepatan dari bersin tersebut sehingga gendang telinga bisa pecah.




3.  Terkena Stroke



Mungkin anda baru mengetahui jika hanya dengan menahan bersin saja dapat terkena stroke. Tapi ini memang bisa terjadi karena salah satu faktor orang terkena penyakit stroke adalah penyempitan pembuluh darah di kepala. Jika anda menahan bersin maka di bagian leher dan kepalaa akan mendapat tekanan sehingga dapat membuat pembuluh darah menjadi tertekan dan membuat pembuluh darah menjadi menyempit. Jika pembuluh darah menyempit maka suplai oksigen ke otak tidak dapat berjalan  dengan baik sehingga fungsi otak akan terganggu dan menyebabkan stroke.

No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...