Saturday, February 18, 2017

DAMPAK NEGATIF MENIUP MAKANAN / MINUMAN PANAS



DAMPAK NEGATIF MENIUP MAKANAN / MINUMAN  PANAS

minuman dan makanan panas


Bagi sebagian orang mungkin baru mengetahui jika kita dilarang untuk meniup makanan / minuman dalam keadaan panas. Biasanya ketika kita sedang lapar kita meniup makanan tersebut agar cepat dingin. Namun mulai sekarang saya sarankan agar kebiasaan meniup makanan / minuman dalam keadaan panas tersebut tidak di lakukan lagi. Ternyata ada bahaya ketika kita meniup makanan dan minuman panas tersebut tanpa kita ketahui.


Ketika kita bernafas maka kita akan menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2). Dan ketika makanan atau minuman yang panas itu kita biarkan agar dingin maka makanan dan minuman tersebut akan mengeluarkan uap air (H2O). Jadi reaksi kimia jika kita meniup makanan atau minuman tersebut adalah CO2 + H2O = H2CO3.


Tahukah kamu jika H2CO3 ini adalah senyawa asam karbonat yang berfungsi untuk mengatur pH atau tingkat keasaman dalam darah. Jadi intinya jika kita meniup makanan atau dan minuman panas maka kita juga otomatis mengkonsumsi senyawa asam karbonat tersebut. Jika asam karbonat kita konsumsi secara berlebihan maka kita akan terkena asidosis. Asidosis itu keadaan dimana darah semakin tinggi tingkat keasamannya dari seharusnya. Asidosis ini jika sudah parah akan menyerang ginjal dan membuat anda merasa lemas, tekanan darah menurun hingga bisa membuat anda koma.




Dan jika kita sudah terbiasa meniup minuman yang panas maka anda berpotensi terkena gagal ginjal. Gagal ginjal ini bisa menyerang anda apabila anda meniup minuman yang panas dan dalam komponen air tersebut terdapat kapur thor (CaO). Dan otomatis ketika kita meniup minuman yang panas tersebut maka akan menimbulkan rekasi CO2 + CaO = CaCO3. Tahukah anda CaCO3 ini adalah batu kapur dan ini adalah penyebab batu ginjal tersebut. Jadi jika kita sering mengkonsumsi batu kapur ini maka siap-siap anda terkena batu ginjal.



Sangat di sarankan apabila anda ingin memakan dan meminum yang panas maka tunggulah hingga makanan dan minuman tersebut menjadi dingin tanpa di tiup. Biarkan dalam beberapa menit makanan itu menjadi dingin agar tidak ada zat berbahaya dalam makanan atau minuman tersebut.




No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...