Saturday, January 28, 2017

WARNING !!! DAMPAK BERBAHAYA TIDUR MENGGUNAKAN KIPAS ANGIN

WARNING !!! DAMPAK BERBAHAYA TIDUR MENGGUNAKAN KIPAS ANGIN

dampak berbahaya tidur menggunakan kipas angin

Tidur merupakan salah satu aktifitas sehari-hari yang biasa kita lakukan di waktu malam hari. Dengan tidur maka akan mengistirahatkan organ-organ tubuh yang seharian telah beraktifitas. Dengan tidur yang teratur maka akan membuat tubuh kita kembali segar di pagi harinya. Tidur yang berkualitas itu bukan tidur yang berjam jam tetapi adalah tidur dengan normal yang ketika kita bangun kita merasa badan kita kembali segar.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ini biasanya seseorang akan melakukan kegiatan terlebih dahulu sebelum tidur. Salah satunya adalah dengan menyalakan kipas angin. Dengan kipas angin yang menyala biasanya kita akan tidur lebih cepat. Namun tahukah anda bahwa tidur dengan kipas angin menyala itu bisa menimbulkan dampak yang berbahaya untuk tubuh kita.
Berikut adalah dambak berbahaya tidur menggunakan kipas angin :



        1. Infeksi Saluran Pernafasan
           
           


  Kipas angin itu berfungsi untuk menggerakan angin saja dan bukan untuk tempat penyaringan. Jadi bayangankan ketika udara yang ada di sekeliling kita itu kotor, secara otomatis banyak berbagai bakteri, kuman dan virus yang akan dihirup oleh hidung. Lalu udara tersebut masuk ke dalam saluran pernafasan kita yang jika terus menerus kita hirup maka udara yang kotor itu akan menyebabkan infeksi di saluran pernafasan kita. Makanya ada orang yang bangun tidur justru sesak nafas, itu karena ketika ia tidur, udaranya kotor. 



  2. Suhu Tubuh Menurun

     


    Salah satu upaya untuk pengaturan suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat. Dan biasanya saat kita tidur, tubuh akan mengeluarkan keringat, namun jika kita menggunakan kipas angin, keringat itu tidak bisa keluar karena dengan kipas angin maka akan mengecilkan pori-pori kulit kita. Dan efeknya saat kita tidur, keringat itu tidak dapat keluar dan mengendap di dalam kulit. Dan jika ini terus dilakukan setiap hari maka kekebalan imun kita juga akan menurun.



3. Otot Menjadi Kaku Dan Nyeri

    


   Bahaya tidur menggunakan kipas angin selanjutnya adalah otot akan menjadi kaku dan nyeri. Ini terjadi karena badan kita secara terus menerus terkena hembusan angin secara langsung. Dengan suhu yang dingin maka akan menurunkan cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Jadi tidak heran jika ketika kita tidur dengan kipas menyala dan ketika bangun tidur badan kita terasa nyeri-nyeri.



4Dehidrasi

    


   Dehidrasi ternyata tidak hanya di alami oleh orang yang sedang berolahraga saja, namun ketika kita tidur pun kita bisa terkena dehidrasi. Ini terjadi apabila kita berada di suatu ruangan yang dingin dalam waktu yang lama itu akan membuat tubuh kita mengalami kekeringan karena udara yang dingin itu akan menyerap air yang ada dalam tubuh. Nah, apabila ini terus terjadi sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan menurun kan kita akan merasa sangat kehausan bahkan dehidrasi.



5. Terkena penyakit bell palsy

    


    Anda mungkin baru mendengar penyakit yang satu ini. Yaa.. penyakit bell palsy ini adalah salah satu penyakit yang bisa melumpuhkan wajah. Ini terjadi apabila arah kipas angin itu langsung menuju wajah kita. Ini menyebabkan system syaraf wajah menjadi tegang dan membuat wajah menajdi kaku seperti sulit untuk tersenyum, tertawa dan pembengkakan pada area wajah tertentu. Dari pada punya wajah kaku, mending jauhkan kipas angin sekarang juga.




          6. KEMATIAN

              


Ini bahaya yang paling mengerikan ketika tidur menggunakan kipas angin. Ketika kita tidur dengan keadaan kipas angin menyala, lalu ventilasi udara sedikit dan udara yang ada di seliling kita tidak di perbarui karena fentilasi yang tidak mencukupi maka secara perlahan udara itu akan semakin menipis dan menipis, hasilnya kita akan kekurangan oksigen dan yang lebih parah adalah menyebabkan kematian.


No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...