Saturday, January 21, 2017

TRIK KHUSUS MENGATASI INSOMNIA

TRIK KHUSUS MENGATASI INSOMNIA

tips khusus mengatasi insomnia


Insomnia merupakan salah satu gejala susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan susah sekali untuk tidur walaupun jam sudah larut malam. Insomnia sendiri bukan salah satu penyakit tetapi orang yang mengalami insomnia mudah sekali terserang penyakit.
Memang tidak mudah untuk menghilangkan insomnia ini di karenakan orang yang sudah terbiasa susah tidur malam maka di malam-malam berikutnya pun akan susah untuk tidur seperti biasanya. Namun jangan khawatir, disini saya akan membagikan trik khuhus bagamaina cara mengatasi insomnia tersebut. Mau tau apa aja trik nyaaa? Ini diaaa triknyaaa…selamat membaca hehe :D

1.  Hindari cayaha saat tidur

Orang yang mengalami insomnia biasanya tidur dengan keadaan lampu menyala. Ini tentu sangat tidak efektif karena dengan adanya cahaya, maka mata susah untuk memejam. Saya sarankan untuk mematikan lampu saat tidur, karena dengan suasana yang gelap maka kita akan terbawa suasana dan lama kelamaan kita akan mengantuk dan tidur.


      2.  Membaca Buku

Membaca buku merupakan salah satu cara mengatasi insomnia. Ini pernah saya coba dan hasilnya sangat manjur hehe.. dengan membaca buku maka mata dan pikiran kita akan fokus sehingga syaraf-syaraf akan bekerja ekstra, secara otomatis perlahan mata kita akan merasa lelah dan efeknya kita akan merasa ngantuk.


     3.  Jangan simpan HP di tempat tidur

Ini nih kebiasaan yang tanpa kita sadari sering kita lakukan dan bikin kita susah untuk tidur. Yaa menyimpan hp di tempat tidur. Kelihatannya sih simple, tapi efeknya itu yang bikin kita susah untuk tidur. Ketika kita ingin tidur dan hp berbunyi maka kita akan melihat hp dahulu dan terus-terusan sampe lupa kalo kita tadi sudah ngantuk. Ini biasa terjadi pada orang yang punya gebetan dan punya pacar hehe pengalaman saya sih ... :D maka dari itu, simpanlah hp di atas meja atau di dalam lemari agar ketika ingin tidur, tidak ada gangguan lagi.


     4.  Relaksasikan pikiran di malam hari

          Bagi kebanyakan orang, pikiran yang galau atau stress merupakan salah satu penyebab anda susah tidur malam. Maka saya sarankan ketika malam hari anda perlu menenangkan pikiran sejenak. Ini bisa di lakukan dengan cara, ketika kalian ingin tidur dengarkan musik yang kalian suka terlebih dahulu, minum air putih segelas, atau bisa juga dengan mencuci tangan, muka dan kaki karena ketika air mengengai tubuh maka akan ada rangsangan ke otak untuk menjadi rileks.


     5.  Hindari menonton film ketika ingin tidur

Menonton film itu bagaikan kita terhipnotis. Kita terbawa suasana yang membuat kita lupa waktu. Ini merupakan salah satu penyebab insomnia tersebut. Hindari menonton film ketika ingin tidur karena ketika kita menonton film kita akan lupa pada segalanya dan jika film tersebut adalah film horor maka anda akan terbayang hantu-hantu yang ada di film tersebut dan hasilnya anda akan susah untuk tidur.


     6.  JANGAN MINUM KOPI DI MALAM HARI

          Kebiasaan ini yang sering di lakukan oleh anak-anak muda dan orang dewasa ketika malam hari, apa lagi pas lagi kumpul sama teman-teman, walaupun malam tetep minum kopi. Dan hasilnya ketika ingin tidur susah sekali mata untuk terpejam, ini di karenakan dalam kopi terdapat zat yang bernama kafein yang jika di konsumsi maka akan menimbulkan efek yaitu susah untuk tidur. Akibatnya akan susah untuk tidur walaupun jam sudah menunjukan larut malam. Di sarankan ketika malam perbanyak minum air putih agar kita bisa cepat untuk tidur.




Itu dia tips-tips dari panpan untuk mengatasi insomnia, bagi kalian yang susah tidur malam maka ada baiknya mencoba tips diatas hehe…. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, jika ada saran monggo atuh di komen yaaa hehehe :D



No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...