Sunday, March 12, 2017

AWAS !! Ini Bahayanya Susu Bubuk

          Susu merupakan salah satu jenis minuman yang banyak mengandung protein. Yang biasanya terbuat dari susu sapi, dan tidak heran jika banyak yang suka untuk meminumnya. Dan di zaman yang modern ini, kita tidak repot lagi untuk mendapatkan susu karena sekarang susu sudah praktis dan siap minum. Bahkan susu sudah bisa di buat dalam bentuk bubuk namun ternyata susu bubuk itu sendiri memiliki bahaya di bandingkan dengan susu cair. Mau tahu apa saja bahaya dari susu bubuk tersebut?  Ini dia penjelasannya.



1.  Menyebabkan Kanker



  Anda pasti sebelumnya tidak mengetahui bahwa susu bubuk bisa menyebabkan kanker bukan. Tapi ini memang bisa terjadi, susu bubuk bisa menyebabkan kanker karena ketika susu bubuk di masukan ke dalam botol plastik dan di tambahkan air panas maka akan terjadi pelepasan zat-zat kimia dari botol plastik tersebut dan akan merusak sel-sel yang ada di dalam organ tubuh kita. Jika kebiasaan ini di lakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan sel kanker. Maka di sarankan agar meminum susu cair yang bisa langsung diminum karena terjamin kandungannya yang menyehatkan tubuh.




2.  Terkena Leukimia



Leukimia adalah salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan darah. Ketika anda suka meminum susu bubuk secara terus menerus maka bisa di pastikan anda terkena penyakit leukimia. Ini di sebabkan karena dalam kandungan susu bubuk terdapat zat folat yang rendah di bandingkan susu cari, jadi ketika kita terlalu sering mengkonsumsinya maka akan menyebabkan rusaknya sel darah yang nantinya akan menyebabkan terjadinya leukimia. Jadi untuk menjaga keseimbangan sel darah, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi juga bayam, jagung, selada, agar ketersediaan zat folat dalam tubuh kita terpenuhi.




3.  Terkena Diare



Salah satu perbedaan susu cair dengan susu bubuk adalah dari komposisinya. Dalam pembuatan susu bubuk biasanya banyak terdapat komponen yang tidak cocok dengan sistem pencernaan bayi sehingga sulit untuk di cerna. Bahayanya jika susu tersebut sulit di cerna maka akan menimbulkan luka pada dinding lambung si bayi, dan efeknya akan membuat asam lambung naik dan ketika itu terus dibiarkan maka kemungkinan si bayi tersebut akan terkena diare. Jadi untuk bayi, di usahakan agar memberikan ASI terlebih dahulu agar proses pencernaannya lancar.




4.  Nafsu Makan Hilang



Pernahkah anak anda mengalami susah makan dan hanya ingin meminum susu saja ? jika pernah maka anak anda sudah ketergantungan pada susu bubuk. Jika anak anda sudah mengalami ketergantungan pada susu bubuk maka untuk makan pun akan susah. Ini di sebabkan karena dalam kandungan susu bubuk terdapat zat seperti lemak tak jenuh, protein hewan, dan penambahan kadar gula yang jika terlalu sering di konsumsi anak maka akan membuat selera makan akan hilang. Sebaiknya jika si anak mengkonsumsi susu bubuk maka di seling dengan susu cair agar si anak tidak ketergantungan dengan susu bubuk yang membuat hilangnya nafsu makan.



No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...