Friday, March 24, 2017

Efek Mengerikan Tidur Tengkurap

          Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan anggota tubuh dari aktifitas sehari-hari. Dengan tidur pula kita dapat membuat kerja anggota tubuh menjadi segar kembali. Dan banyak cara yang biasanya kita lakukan agar kita cepat untuk tertidur, salah satunya adalah dengan tidur tengkurap. Tidur tengkurap merupakan salah satu cara yang biasanya anda lakukan agar cepat untuk tertidur. Namun dibalik cepatnya anda tidur dengan cara tengkurap, ada bahaya mengerikan yang sangat membahayakan anggota tubuh anda loh. Dan ini lah bahaya mengerikan dari tidur tengkurap.


1.    Fungsi Jantung Terganggu



Tidur tengkurap merupakan tidur dengan posisi badan menghadap ke tempat tidur yang otomatis akan membuat badan kita terhimpit. Ketika badan kita terhimpit maka organ-organ yang ada di dalam tubuh kita pun akan mengalami gangguan. Salah satunya adalah jantung, jantung merupakan organ yang paling banyak mengalami tekanan jika kita tidur dengan posisi tengkurap. Hasilnya ketika anda sudah terbiasa tidur tengkurap maka jantung pun akan selalu mengalami tekanan yang bisa membuat kerja jantung menjadi terganggu. Efek yang ditimbulkan adalah rasa nyeri pada bagian dada serta mengalami gangguan pernafasan.



2.    Rusaknya Pusat Saraf



Pusat saraf pada manusia terletak di bagian kepala tepatnya berada di otak. Ketika anda tidur tengkurap maka posisi kepala pasti lebih condong ke arah kanan ataupun kiri, karena jika kepala mengahadap kebawah maka anda sulit untuk bernafas. Posisi kepala yang lebih condong ke kanan ataupun ke kiri tersebut dapat membuat aliran darah serta oksigen ke pusat saraf mengalami penyumbatan. Jika ini dibiarkan terus menerus maka akan membuat rusaknya pusat saraf bagian kepala. Dan efek yang bisa ditimbulkan dari rusaknya pusat saraf adalah anda bisa mengalami gejala pikun ataupun lambat dalam berpikir.



3.    Mengalami Penuaan Dini



Tidur dengan posisi yang benar memang dapat membuat kulit menjadi tampak cerah. Namun sebaliknya, jika anda tidur dengan posisi yang salah maka akan membuat kulit anda menjadi keriput atau biasa di sebut dengan penuaan dini. Ini bisa terjadi karena ketika anda tidur dengan posisi tengkurap maka wajah anda akan langsung bersentuhan dengan bantal. Nah bantal tersebut bisa menjadi sarang kuman karena mungkin kebersihannya kurang terjaga. Jika itu terjadi maka wajah anda yang langsung bersentuhan dengan bantal tersebut akan terkena bakteri yang bisa membuat anda menjadi jerawatan. Dan jika itu terus terjadi maka bisa membuat kulit anda bisa keriput juga.



4.    Badan Terasa Pegal dan Nyeri




Tidur merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh kita menjadi segar kembali. Namun tidur juga bisa membuat tubuh kita menjadi pegal-pegal dan nyeri apabila kita salah dalam posisi dari tidur tersebut. Tidur tengkurap memang salah satu cara paling cepat agar kita bisa cepat tertidur. Namun justru itu merupakan cara paling cepat juga yang dapat membuat tubuh kita mengalami pegal-pegal dan nyeri. Itu terjadi karena ketika anda tidur tengkurap maka seluruh saraf dan peredaran darah akan terganggu karena mendapat tekanan berlebih sehingga ketika keesokan harinya kita langsung akan merasakan pegal-pegal dan nyeri pada bagian leher dan punggung. 

No comments:

Post a Comment

Subhanallah! Khasiat Luar Biasa Makanan Fermentasi

Mendengar kata makanan fermentasi mungkin kita langsung tertuju pada makanan seperti yoghurt, keju, tempe dll. Memang benar, makanan te...